MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TANAH, AIR DAN ALAM SEKITAR MELALUI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM
ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V
SD NEGERI
TIMBALA KEC. POLEANG
KABUPATEN BOMBANA
SKRIPSI
Oleh
ANDI RISMAWATI
A1B4 08 108
program studi S1 PGSD INTEGRASI
fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
univeRsitas HALUOLEO
kendari
2012
HALAMAN PERSETUJUAN
Telah diperiksa dan disetujui oleh Pembimbing I dan
Pembimbing II untuk mengikuti ujian Skripsi pada Program Studi PGSD Jurusan
Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Haluoleo.
Kendari, Desember 2011
Pembimbing I Pembimbing
II
Drs. Rimba
Hamid, M.Si Drs. Amiruddin
B., M.Kes
NIP.19690801 199403 1 001 NIP.19620307
198603 1 002
Mengetahui,
a.n Dekan FKIP
Ketua Jurusan Ilmu pendidikan
Drs.
La Anse, S.Pd., M.Pd
NIP.
19561231 198503 1 019
ABSTRAK
Andi Rismawati (2011), ”Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Tanah, Air dan Alam Sekitar Melalui
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas V SD Negeri
Timbala Kec. Poleang Kabupaten Bombana”.
Skripsi. Program Studi PGSD Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Haluoleo.
Pembimbing : (1) Drs. Rimba Hamid, M.Si., dan (2) Drs. Amiruddin B., M.Kes
Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok
Tanah, Air dan Alam Sekitar di kelas V SD Negeri Timbala Kec. Poleang Kabupaten
Bombana.
Tujuan
penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok
tanah, air dan alam sekitar di kelas V SD Negeri Timbala Kec. Poleang Kabupaten
Bombana. Manfaat penelitian ini adalah: (1) Bagi
guru, dapat mengetahui model pembelajaran yang dapat memperbaiki
dan meningkatkan hasil belajar siswa
sehingga konsep-konsep IPA yang diajarkan dapat dikuasai siswa
dengan baik; (2) bagi siswa, membantu siswa kelas V SD Negeri Timbala dalam upaya meningkatkan hasil belajarnya pada materi pokok
Tanah, Air dan Alam Sekitar melalui model pembelajaran
kooperatif tipe STAD; (3) bagi sekolah, menjadi bahan masukan dalam memilih model pembelajaran yang dapat memperbaiki kualitas
pembelajaran IPA di sekolah khususnya materi pokok Tanah, Air dan Alam Sekitar; (4) bagi peneliti,
dapat mengetahuai cara- cara memperbaiki proses pembelajaran dikelas dan dapat
melatih kemampuan membuat karya ilmiah.
Berdasarkan
hasil tes tindakan siklus I diperoleh bahwa hasil belajar siswa secara perorangan
terhadap materi pelajaran sebesar 53,57% atau sebanyak 15 siswa yang memperoleh
nilai > 65 dengan nilai rata-rata 62,92 sedangkan hasil evaluasi
tindakan siklus II diperoleh bahwa hasil belajar siswa secara perorangan terhadap materi pelajaran sebesar 96,42% atau
sebanyak 27 siswa yang memperoleh nilai > 65 dengan nilai rata-rata 69,25.
Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan, maka
dapat disimpulkan melalui melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Tanah, Air dan
Alam Sekitar di kelas V SD Negeri Timbala Kec. Poleang Kabupaten Bombana.
KATA PENGANTAR
Segala
puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah
yang diberikan kepada penulis sehingga penyusunan hasil penelitian ini dapat
terselesaikan.
Penulis
menyadari bahwa seluruh rangkaian kegiatan penelitian mulai dari tahap
penyusunan proposal hingga penyelesaian penyusunan hasil penelitian ini
senantiasa mendapat bantuan dan petunjuk dari berbagai pihak. Oleh karena itu,
penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Drs. Rimba Hamid, M.Si, selaku
pembimbing I dan Drs. Amirudin B., M.Kes, selaku pembimbing II atas segala
waktu yang diluangkan untuk membimbing dan memberikan arahan-arahan kepada
penulis hingga selesainya laporan hasil penelitian ini.
Ucapan terima kasih juga penulis
haturkan kepada berbagai pihak yang langsung maupun tidak langsung membantu
penulis terutama kepada:
1.
Prof. Dr. Ir. H. Usman Rianse, M.S.
selaku Rektor Universitas Haluoleo
2.
Dr. H. Barlian, M.Pd. selaku Dekan FKIP
Universitas Haluoleo.
3.
Drs. La Anse, S.Pd., M.Pd selaku Ketua
Jurusan Ilmu Pendidikan.
4.
Dra. Dorce Banne Pabunga, M.Pd selaku
ketua Program Studi PGSD.
5.
Dosen serta staf administrasi dalam lingkungan
FKIP Universitas Haluoleo.
6.
Dewan guru SD Negeri Timbala yang turut
membantu dalam pelaksanaan penelitian
ini.
7.
Sahabat-sahabatku: Asriani, Reski,
Hardin dan Ikbal yang telah
memberikan saran dan doa sehingga penyusunan hasil penelitian ini dapat
diselesaikan dengan baik.
Terkhusus
tulisan ini penulis persembahkan sebagai tanda bukti kesyukuran kepada Allah
Azza Wajalla dalam menuntut ilmu dan ungkapan rasa sayang yang tak terhingga
kepada ayah dan bunda tercinta Andi Sammeng dan Andi Aisyah yang senantiasa memberikan inspirasi, semangat, motivasi dan do’anya
yang begitu berarti dalam penyusunan hasil penelitian ini.
Semoga Allah SWT membalas budi baik
dari semua pihak yang telah turut membantu penulis dan semoga laporan hasil
penelitian ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Bombana, Desember 2011
Penulis
Daftar isi
Halaman
Judul ........................................................................................ i
Halaman pERSETUJUANan ................................................................... ii
Abstrak ........................................................................................................ iii
kata
pengantar ...................................................................................... iv
Daftar isi
.................................................................................................... vi
daftar
tabel............................................................................................. .
viii
DAFTAR GAMBAR........................................................................................ .
ix
Daftar LAMPIRAN..................................................................................... x
BAB
I Pendahuluan
A. Latar
Belakang Masalah ............................................................ 1
B. Perumusan
Masalah ................................................................... 3
C. Tujuan
Penelitian ……............................................................. 4
D. Manfaat
Penelitian ..................................................................... 4
BAB
II tinjaun Pustaka
- Kajian Teori................................................................................ 5
1. Belajar dan Pembelajaran....................................................... 5
2. Hasil
Belajar .......................................................................... 7
3. Konsep Pemb. Materi Pokok Tanah,
Air dan Alam Sekitar... 8
4. Model Pembelajaran Kooperatif
........................................... 9
5. Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD......................... 11
- Penelitian yang Relevan ............................................................ 15
- Kerangka Berpikir ..................................................................... 15
- Hipotesis Tindakan .................................................................... 16
bab
iii METODE PENELITIAN
A. Jenis
Penelitian .......................................................................... 17
B. Setting
Penelitian ....................................................................... 17
C. Faktor
yang di Teliti................................................................... 17
D. Prosedur
Penelitian .................................................................... 17
E. Data
dan Sumber Data............................................................... 20
F. Tehnik
Pengumpulan dan Analisis Data..................................... 20
G. Indikator
Kinerja ....................................................................... 21
H. Siklus
Penelitian Tindakan Kelas............................................... 22
BAB
IV hasil penelitian dan pembahasan
A. Deskripsi
Hasil Penelitian........................................................... 23
B. Pembahasan................................................................................ 30
BAB
V Penutup
A. Kesimpulan................................................................................. 38
B. Saran
.......................................................................................... 39
Daftar pustaka ....................................................................................... 39
Lampiran ..................................................................................................... 40
daftar
tabel
Tabel 1. Kriteria Penilaian Kuis Dalam STAD...................................................
14
Tabel 2. Peningkatan
Aktivitas Guru Selama Pembelajaran .............................. 23
Tabel 3. Peningkatan
Aktivitas Siswa Selama Pembelajaran ............................ 26
Tabel 4. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Selama
Pembelajaran........................ 28
Tabel 5. Analisis Hasil Belajar Siswa Selama Pembelajaran............................... 28
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 1. Desain Penelitian (Tim Proyek PGSM, 1999:27).............................
22
Gambar 2. Grafik Peningkatan Aktivitas Guru Dalam
Pembelajaran ............... 25
Gambar 3. Grafik Peningkatan Aktivitas Siswa Selama Pembelajaran ............. 27
Gambar 4. Grafik Peningkatan Hasil Belajar Siswa........................................... 29
daftar
lampiran
No. Judul Lampiran
Halaman
1. ..... Silabus ...................................................................................................... 40
2.
Rencana Perbaikan
Pembelajaran (RPP) Siklus I...................................... 42
3. ..... Rencana Perbaikan Pembelajaran
(RPP) Siklus II.................................... 46
4. ..... Hasil Observasi Aktivitas Guru pada
Siklus I Pertemuan I ..................... 50
5.
..... Hasil
Observasi Aktivitas Siswa pada Siklus I Pertemuan I .................... 52
6. ..... Hasil Observasi Aktivitas Guru pada
siklus I Pertemuan II .................... 54
7. Hasil Observasi
Aktivitas Siswa pada Siklus I Pertemuan II.................... 56
8. ..... Hasil Observasi Aktivitas Guru pada
Siklus I Pertemuan I ..................... 58
9.
..... Hasil
Observasi Aktivitas Siswa pada Siklus I Pertemuan I .................... 60
10. ... Hasil Observasi Aktivitas Guru pada
siklus I Pertemuan II .................... 62
11. Hasil Observasi
Aktivitas Siswa pada Siklus I Pertemuan II.................... 64
12..... Daftar Nilai Siswa
Kelas V SD Negeri Timbala Melalui
......... Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD ........................................... 66
13..... Daftar Skor Tes
Siklus I dan Siklus II Siswa Kelas V SD Negeri Timbala Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ............................................................................ 68
14. Daftar Penentuan Skor Kelompok dan Penghargaan untuk
......... Tindakan Siklus I
dan Siklus II................................................................ 69
15. Penghargaan Kelompok untuk
Hasil Belajar Siklus I ............................... 70
16. Penghargaan Kelompok untuk
Hasil Belajar Siklus II.............................. 71
17. Lembar Kerja Siswa 1.1............................................................................
72
18. Kunci Jawaban Lembar Kerja Siswa 1.1...................................................
76
19. Lembar Kerja Siswa 1.2............................................................................
77
20. Kunci Jawaban Lembar
Kerja Siswa 1.2...................................................
80
21. Lembar Kerja Siswa 2.1............................................................................
81
22. Kunci Jawaban Lembar Kerja Siswa 2.1................................................... 83
23. Lembar Kerja Siswa 2.2............................................................................ 84
24. Kunci Jawaban Lembar Kerja Siswa 2.2................................................... 87
25. Tes Siklus 1................................................................................................ 88
26. Kunci Jawaban Tes Siklus 1...................................................................... 89
27. Tes Siklus 2................................................................................................
90
28. Kunci Jawaban Tes Siklus 2...................................................................... 91
29. Nilai Tes Hasil Belajar Pada Siklus I Siswa
Kelas V SD Negeri Timbala 92
30. Nilai Tes Hasil Belajar Pada Siklus II
Siswa Kelas V SD Negeri
Timbala 93
31. Dokumentasi Penelitian............................................................................. 94
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Pendidikan
memiliki peran sangat penting dalam pembangunan bangsa terutama untuk
mempersiapkan generasi yang akan menjadi pelaku kemajuan dan perubahan
masyarakat masa depan. Peningkatan mutu pendidikan selalu menjadi prioritas
dalam pembangunan nasional, karena hanya pendidikan bermutulah yang mampu
mengembangkan potensi peserta didik sehingga mereka mampu menghadapi dan
memecahkan problematika kehidupan yang dihadapinya.
Guru sebagai
tenaga pendidik mempunyai tujuan utama dalam kegiatan pembelajaran di sekolah
yaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memotivasi siswa untuk
senantiasa belajar dengan baik dan bersemangat sehingga berdampak pada
pencapaian hasil belajar yang optimal.
Pelajaran IPA
pada hakekatnya adalah pelajaran yang sangat erat hubungannya dengan kehidupan
yang terjadi di sekitar kita. Guru dituntut agar dapat menerapkan metode
pengajaran yang bervariasi, tidak monoton sehingga dapat menarik minat siswa
terhadap pelajaran IPA.
Berdasarkan
observasi awal yang dilakukan peneliti diperoleh informasi bahwa hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih tergolong rendah. Hal ini dapat
dilihat dari nilai rata-rata hasil ulangan umum semester genap tahun ajaran 2009/2010
sebesar 61,21. Nilai rata-rata ini belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh SD Negeri Timbala yaitu
65,00.
Berdasarkan pengamatan
pada proses pembelajaran di kelas V SD Negeri Timbala terlihat bahwa
keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih sangat kurang. Hal itu
disebabkan karena guru mata pelajaran IPA masih banyak terfokus pada pengajaran
konsep hafalan. Guru tidak menggunakan alat peraga, sehingga guru merasa
kesulitan untuk mengajarkan materi tersebut. Hal ini berdampak pada siswa merasa
kesulitan untuk mencerna atau memahami materi yang diajarkan. Selain itu, guru dalam
mengajar masih menerapkan model pembelajaran konvensional dimana guru lebih
banyak mendominasi pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif dan tidak berani
menyatakan pendapat/idenya. Mengacu pada hal tersebut, peneliti berasumsi bahwa
rendahnya kemampuan siswa disebabkan karena kurangnya keterlibatan siswa dalam proses
pembelajaran.
Salah satu model
pembelajaran yang menurut peneliti dapat digunakan untuk menarik minat siswa
terhadap materi pelajaran dan mengajak siswa berperan aktif dalam pembelajaran
dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran ini
menuntut setiap siswa untuk bertanggung jawab tentang ketuntasan materi
pembelajaran dan dapat menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompoknya (Widiantyni, 2006:7).
Model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah tipe
model pembelajaran kooperatif dengan sintaks: pengarahan, buat kelompok
heterogen baik kemampuan (tinggi, sedang, rendah), jenis kelamin, maupun ras
dan etnik dengan beranggotakan 4-5 orang, diskusi LKS secara kolaboratif,
sajian-persentasi kelompok sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual dan
buat skor perkembangan tiap siswa atau kelompok, umumkan rekor tim dan
individual dan berikan reward (penghargaan). Tujuan yang hendak
dicapai dalam pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD yaitu untuk meningkatkan
kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik, agar siswa dapat menerima
teman-temannya yang mempunyai berbagai latar belakang, dan untuk mengembangkan
keterampilan siswa. Keterampilan yang diamati antara lain berbagai tugas, aktif
bertanya, menghargai pendapat orang lain, mau menjelaskan pendapat dan bekerja
dalam kelompok.
Berdasarkan keunggulan model pembelajaran kooperatif
tipe STAD diyakinkan bahwa hasil belajar tersebut masih dapat ditingkatkan.
Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dalam bentuk penelitian tindakan
kelas (PTK) untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada
pembelajaran IPA dengan materi pokok Tanah, Air dan Alam Sekitar di kelas V SD
Negeri Timbala Kec. Poleang Kabupaten Bombana.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah “Apakah melalui penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Tanah, Air dan Alam
Sekitar di kelas V SD Negeri Timbala Kec. Poleang Kabupaten Bombana?“
C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas,
penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Tanah, Air dan Alam
Sekitar di kelas V SD Negeri Timbala Kec. Poleang Kabupaten Bombana
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
D. Manfaat
Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah:
1.
Bagi guru: dapat mengetahui model pembelajaran yang dapat memperbaiki dan
meningkatkan hasil belajar siswa sehingga
konsep-konsep IPA yang diajarkan dapat dikuasai siswa dengan baik.
2.
Bagi siswa: membantu siswa kelas V SD Negeri Timbala dalam upaya
meningkatkan hasil belajarnya pada materi
pokok Tanah, Air dan Alam Sekitar melalui model pembelajaran
kooperatif tipe STAD.
3.
Bagi sekolah: menjadi bahan
masukan dalam memilih model pembelajaran yang dapat
memperbaiki kualitas pembelajaran IPA di sekolah khususnya materi pokok Tanah, Air dan Alam
Sekitar.
4.
Bagi
peneliti: mengetahuai cara-cara memperbaiki proses pembelajaran di kelas dan
dapat melatih kemampuan membuat karya ilmiah.
downlod gmn
BalasHapus