Rabu, 06 Juni 2012

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TANAH, AIR DAN ALAM SEKITAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V SD NEGERI TIMBALA KEC. POLEANG KABUPATEN BOMBANA


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TANAH, AIR DAN ALAM SEKITAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM
ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V
SD NEGERI TIMBALA KEC. POLEANG
 KABUPATEN BOMBANA







SKRIPSI
Oleh

ANDI RISMAWATI
A1B4 08 108



program studi S1 PGSD INTEGRASI
fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
univeRsitas HALUOLEO
kendari
2012


HALAMAN PERSETUJUAN

Telah diperiksa dan disetujui oleh Pembimbing I dan Pembimbing II untuk mengikuti ujian Skripsi pada Program Studi PGSD Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas Haluoleo.

Kendari,  Desember 2011

Pembimbing I                                                                 Pembimbing II

Drs. Rimba Hamid, M.Si                                                Drs. Amiruddin B., M.Kes NIP.19690801 199403 1 001                                                                                        NIP.19620307 198603 1 002

Mengetahui,
a.n Dekan FKIP
Ketua Jurusan Ilmu pendidikan


                                           Drs. La Anse, S.Pd., M.Pd
                                           NIP. 19561231 198503 1 019

ABSTRAK
Andi Rismawati (2011), ”Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Tanah, Air dan Alam Sekitar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas V SD Negeri Timbala Kec. Poleang  Kabupaten Bombana”. Skripsi. Program Studi PGSD Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas Haluoleo. Pembimbing : (1) Drs. Rimba Hamid, M.Si., dan (2) Drs. Amiruddin B., M.Kes

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Tanah, Air dan Alam Sekitar di kelas V SD Negeri Timbala Kec. Poleang Kabupaten Bombana.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok tanah, air dan alam sekitar di kelas V SD Negeri Timbala Kec. Poleang Kabupaten Bombana. Manfaat penelitian ini adalah: (1) Bagi guru, dapat mengetahui model pembelajaran yang dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa sehingga konsep-konsep IPA yang diajarkan dapat dikuasai siswa dengan baik; (2) bagi siswa, membantu siswa kelas V SD Negeri Timbala dalam upaya meningkatkan hasil belajarnya pada materi pokok Tanah, Air dan Alam Sekitar  melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (3) bagi sekolah, menjadi bahan masukan dalam memilih model pembelajaran yang dapat memperbaiki kualitas pembelajaran IPA di sekolah khususnya materi pokok Tanah, Air dan Alam Sekitar; (4) bagi peneliti, dapat mengetahuai cara- cara memperbaiki proses pembelajaran dikelas dan dapat melatih kemampuan membuat karya ilmiah.
Berdasarkan hasil tes tindakan siklus I diperoleh bahwa hasil belajar siswa secara perorangan terhadap materi pelajaran sebesar 53,57% atau sebanyak 15 siswa yang memperoleh nilai > 65 dengan nilai rata-rata 62,92 sedangkan hasil evaluasi tindakan siklus II diperoleh bahwa hasil belajar siswa secara perorangan  terhadap materi pelajaran sebesar 96,42% atau sebanyak 27 siswa yang memperoleh nilai > 65 dengan nilai rata-rata 69,25. Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan, maka dapat disimpulkan melalui melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Tanah, Air dan Alam Sekitar di kelas V SD Negeri Timbala Kec. Poleang Kabupaten Bombana.



KATA PENGANTAR
Segala puji  dan syukur penulis panjatkan  ke hadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah yang diberikan kepada penulis sehingga penyusunan hasil penelitian ini dapat terselesaikan.
Penulis menyadari bahwa seluruh rangkaian kegiatan penelitian mulai dari tahap penyusunan proposal hingga penyelesaian penyusunan hasil penelitian ini senantiasa mendapat bantuan dan petunjuk dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya  kepada Drs. Rimba Hamid, M.Si, selaku pembimbing I dan Drs. Amirudin B., M.Kes, selaku pembimbing II atas segala waktu yang diluangkan untuk membimbing dan memberikan arahan-arahan kepada penulis hingga selesainya laporan hasil penelitian ini.
Ucapan terima kasih juga penulis haturkan kepada berbagai pihak yang langsung maupun tidak langsung membantu penulis terutama kepada:
1.      Prof. Dr. Ir. H. Usman Rianse, M.S. selaku Rektor Universitas Haluoleo
2.      Dr. H. Barlian, M.Pd. selaku Dekan FKIP Universitas Haluoleo.
3.      Drs. La Anse, S.Pd., M.Pd selaku Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan.
4.      Dra. Dorce Banne Pabunga, M.Pd selaku ketua Program Studi PGSD.
5.      Dosen serta staf administrasi dalam lingkungan FKIP Universitas Haluoleo.
6.      Dewan guru SD Negeri Timbala yang turut membantu dalam pelaksanaan  penelitian ini.
7.      Sahabat-sahabatku: Asriani, Reski, Hardin dan Ikbal yang telah memberikan saran dan doa sehingga penyusunan hasil penelitian ini dapat diselesaikan dengan baik.
Terkhusus tulisan ini penulis persembahkan sebagai tanda bukti kesyukuran kepada Allah Azza Wajalla dalam menuntut ilmu dan ungkapan rasa sayang yang tak terhingga kepada ayah dan bunda tercinta Andi Sammeng dan Andi Aisyah yang senantiasa memberikan inspirasi, semangat, motivasi dan do’anya yang begitu berarti dalam penyusunan hasil penelitian ini.
            Semoga Allah SWT membalas budi baik dari semua pihak yang telah turut membantu penulis dan semoga laporan hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Bombana,  Desember 2011

Penulis




Daftar isi

Halaman Judul ........................................................................................             i
Halaman pERSETUJUANan ...................................................................            ii
Abstrak ........................................................................................................           iii
kata pengantar ......................................................................................           iv
Daftar isi ....................................................................................................           vi
daftar tabel............................................................................................. .        viii
DAFTAR GAMBAR........................................................................................ .          ix
Daftar LAMPIRAN.....................................................................................            x

BAB I        Pendahuluan
A.    Latar Belakang Masalah ............................................................            1
B.     Perumusan Masalah ...................................................................            3
C.     Tujuan Penelitian   …….............................................................            4
D.    Manfaat Penelitian .....................................................................            4

BAB II      tinjaun Pustaka
    1. Kajian Teori................................................................................            5
1.   Belajar dan Pembelajaran.......................................................            5
2.   Hasil Belajar ..........................................................................            7
3.   Konsep Pemb. Materi Pokok Tanah, Air dan Alam Sekitar...            8
4.   Model Pembelajaran Kooperatif ...........................................            9
5.   Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.........................          11
    1. Penelitian yang Relevan ............................................................          15
    2. Kerangka Berpikir .....................................................................          15
    3. Hipotesis Tindakan ....................................................................          16

bab iii     METODE PENELITIAN
A.    Jenis Penelitian ..........................................................................          17
B.     Setting Penelitian .......................................................................          17
C.     Faktor yang di Teliti...................................................................          17
D.    Prosedur Penelitian ....................................................................          17
E.     Data dan Sumber Data...............................................................          20
F.      Tehnik Pengumpulan dan Analisis Data.....................................          20
G.    Indikator Kinerja .......................................................................          21
H.    Siklus Penelitian Tindakan Kelas...............................................          22
BAB IV     hasil penelitian dan pembahasan
A.  Deskripsi Hasil Penelitian...........................................................          23
B.  Pembahasan................................................................................          30

BAB V      Penutup
A.  Kesimpulan.................................................................................          38
B.  Saran ..........................................................................................          39

Daftar pustaka .......................................................................................          39
Lampiran .....................................................................................................          40






daftar tabel
Tabel 1. Kriteria Penilaian Kuis Dalam STAD...................................................         14

Tabel 2. Peningkatan Aktivitas Guru Selama Pembelajaran ..............................          23

Tabel 3. Peningkatan Aktivitas Siswa Selama Pembelajaran ............................          26

Tabel 4. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Selama Pembelajaran........................          28

Tabel 5. Analisis Hasil Belajar Siswa Selama Pembelajaran...............................          28

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Desain Penelitian (Tim Proyek PGSM, 1999:27).............................         22

Gambar 2. Grafik Peningkatan Aktivitas Guru Dalam Pembelajaran ...............          25

Gambar 3. Grafik Peningkatan Aktivitas Siswa Selama Pembelajaran .............          27

Gambar 4. Grafik Peningkatan Hasil Belajar Siswa...........................................          29




daftar lampiran
No.    Judul Lampiran                                                                                    Halaman
1. ..... Silabus ......................................................................................................          40
2.      Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP) Siklus I......................................          42
3. ..... Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP) Siklus II....................................          46
4. ..... Hasil Observasi Aktivitas Guru pada Siklus I Pertemuan I .....................          50
5. ..... Hasil Observasi Aktivitas Siswa pada Siklus I Pertemuan I ....................          52
6. ..... Hasil Observasi Aktivitas Guru pada siklus I Pertemuan II ....................          54
7.      Hasil Observasi Aktivitas Siswa pada Siklus I Pertemuan II....................          56
8. ..... Hasil Observasi Aktivitas Guru pada Siklus I Pertemuan I .....................          58
9. ..... Hasil Observasi Aktivitas Siswa pada Siklus I Pertemuan I ....................          60
10. ... Hasil Observasi Aktivitas Guru pada siklus I Pertemuan II ....................          62
11.    Hasil Observasi Aktivitas Siswa pada Siklus I Pertemuan II....................          64
12..... Daftar Nilai Siswa Kelas V SD Negeri Timbala  Melalui
......... Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ...........................................          66
13..... Daftar Skor Tes Siklus I dan Siklus II Siswa Kelas V SD Negeri Timbala Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ............................................................................          68
14.     Daftar Penentuan Skor Kelompok dan Penghargaan untuk
......... Tindakan Siklus I dan Siklus II................................................................          69
15.    Penghargaan Kelompok untuk Hasil Belajar Siklus I ...............................          70
16.    Penghargaan Kelompok untuk Hasil Belajar Siklus II..............................          71
17.    Lembar Kerja Siswa 1.1............................................................................         72
18.    Kunci Jawaban Lembar Kerja Siswa 1.1...................................................         76
19.    Lembar Kerja Siswa 1.2............................................................................         77
20.    Kunci Jawaban Lembar Kerja Siswa 1.2...................................................         80
21.    Lembar Kerja Siswa 2.1............................................................................         81
22.    Kunci Jawaban Lembar Kerja Siswa 2.1...................................................          83
23.    Lembar Kerja Siswa 2.2............................................................................          84
24.    Kunci Jawaban Lembar Kerja Siswa 2.2...................................................          87
25.    Tes Siklus 1................................................................................................          88
26.    Kunci Jawaban Tes Siklus 1......................................................................          89
27.    Tes Siklus 2................................................................................................         90
28.    Kunci Jawaban Tes Siklus 2......................................................................          91
29.    Nilai Tes Hasil Belajar Pada Siklus I Siswa Kelas V SD Negeri               Timbala                   92
30.    Nilai Tes Hasil Belajar Pada Siklus II Siswa Kelas V SD Negeri             Timbala       93
31.    Dokumentasi Penelitian.............................................................................          94


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan memiliki peran sangat penting dalam pembangunan bangsa terutama untuk mempersiapkan generasi yang akan menjadi pelaku kemajuan dan perubahan masyarakat masa depan. Peningkatan mutu pendidikan selalu menjadi prioritas dalam pembangunan nasional, karena hanya pendidikan bermutulah yang mampu mengembangkan potensi peserta didik sehingga mereka mampu menghadapi dan memecahkan problematika kehidupan yang dihadapinya.
Guru sebagai tenaga pendidik mempunyai tujuan utama dalam kegiatan pembelajaran di sekolah yaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memotivasi siswa untuk senantiasa belajar dengan baik dan bersemangat sehingga berdampak pada pencapaian hasil belajar yang optimal.
Pelajaran IPA pada hakekatnya adalah pelajaran yang sangat erat hubungannya dengan kehidupan yang terjadi di sekitar kita. Guru dituntut agar dapat menerapkan metode pengajaran yang bervariasi, tidak monoton sehingga dapat menarik minat siswa terhadap pelajaran IPA.
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil ulangan umum semester genap tahun ajaran 2009/2010 sebesar 61,21. Nilai rata-rata ini belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh SD Negeri Timbala yaitu 65,00.
Berdasarkan pengamatan pada proses pembelajaran di kelas V SD Negeri Timbala terlihat bahwa keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih sangat kurang. Hal itu disebabkan karena guru mata pelajaran IPA masih banyak terfokus pada pengajaran konsep hafalan. Guru tidak menggunakan alat peraga, sehingga guru merasa kesulitan untuk mengajarkan materi tersebut. Hal ini berdampak pada siswa merasa kesulitan untuk mencerna atau memahami materi yang diajarkan. Selain itu, guru dalam mengajar masih menerapkan model pembelajaran konvensional dimana guru lebih banyak mendominasi pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif dan tidak berani menyatakan pendapat/idenya. Mengacu pada hal tersebut, peneliti berasumsi bahwa rendahnya kemampuan siswa disebabkan karena kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
Salah satu model pembelajaran yang menurut peneliti dapat digunakan untuk menarik minat siswa terhadap materi pelajaran dan mengajak siswa berperan aktif dalam pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran ini menuntut setiap siswa untuk bertanggung jawab tentang ketuntasan materi pembelajaran dan dapat menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompoknya (Widiantyni, 2006:7).
Model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah tipe model pembelajaran kooperatif dengan sintaks: pengarahan, buat kelompok heterogen baik kemampuan (tinggi, sedang, rendah), jenis kelamin, maupun ras dan etnik dengan beranggotakan 4-5 orang, diskusi LKS secara kolaboratif, sajian-persentasi kelompok sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap siswa atau kelompok, umumkan rekor tim dan individual dan berikan reward (penghargaan). Tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD yaitu untuk meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik, agar siswa dapat menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai latar belakang, dan untuk mengembangkan keterampilan siswa. Keterampilan yang diamati antara lain berbagai tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, mau menjelaskan pendapat dan bekerja dalam kelompok.
Berdasarkan keunggulan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diyakinkan bahwa hasil belajar tersebut masih dapat ditingkatkan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPA dengan materi pokok Tanah, Air dan Alam Sekitar di kelas V SD Negeri Timbala Kec. Poleang Kabupaten Bombana.
B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Tanah, Air dan Alam Sekitar di kelas V SD Negeri Timbala Kec. Poleang Kabupaten Bombana?“

C.      Tujuan  Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di atas, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Tanah, Air dan Alam Sekitar di kelas V SD Negeri Timbala Kec. Poleang Kabupaten Bombana melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
D.      Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah:
1.    Bagi guru: dapat mengetahui model pembelajaran yang dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa sehingga konsep-konsep IPA yang diajarkan dapat dikuasai siswa dengan baik.
2.    Bagi siswa: membantu siswa kelas V SD Negeri Timbala dalam upaya meningkatkan hasil belajarnya pada materi pokok Tanah, Air dan Alam Sekitar  melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
3.    Bagi sekolah: menjadi bahan masukan dalam memilih model pembelajaran yang dapat memperbaiki kualitas pembelajaran IPA di sekolah khususnya materi pokok Tanah, Air dan Alam Sekitar.
4.    Bagi peneliti: mengetahuai cara-cara memperbaiki proses pembelajaran di kelas dan dapat melatih kemampuan membuat karya ilmiah.

1 komentar:

Popular Posts