RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
....................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi :
1. Mendengarkan ( memahami wacana lisan
melalui kegiatan mendengar berita )
Kopetensi dasar :
1.2. Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
Alokasi waktu :
2 x 40 menit
A.Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menemukann pokok-pokok berita yang
didengarkan melalui radio/TV
2.
Peserta didik dapat menuliskan isi berita ke dalam
beberapa kalimat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tanggung jawab ( responsibility )
Integritas (
integrity )
Peduli ( caring
)
Jujur ( fairnes
)
B.Materi
Pembelajaran
Penyimpulan pikiran, pendapat dan
gagasan dalam wacana
C.Metode
Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi dan penugasan
D.Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apersepsi :
§ Guru dan Peserta didik
bertanya jawab tentang tugas rumah penulisan teks berita
Motivasi :
§ Menjelaskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa
kalimat
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
1)
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan
dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
2)
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
3)
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
4)
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
5)
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1) membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2) memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
3) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
7) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
8) memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
9) memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1) memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
2) memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
3) memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4) memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
a)
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
b)
membantu menyelesaikan masalah;
c)
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
d)
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
e)
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
e. menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E.Sumber
Belajar
a. Bagan identifikasi pengalaman
b. Gambar
c. VCD
d. Narasumber
e.
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
F.Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Indikator
pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Soal/Instrumen
|
|
· Mampu menemukan
isi/sari berita yang didengarkan
· Mampu menuliskan
kembali berita yang didengar ke dalam
beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
· Tuliskan kembali berita
yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi!
|
No
|
Butir
Soal
|
Skor maksimal
|
1
2
3
|
Tulislah minimal 3 pokok berita yang terdapat
dalam teks berita yang dibacakan !
Tunjukkan intisari pokok-pokok beritanya !
Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan
ke dalam satu alinea
|
3
4
3
|
Jumlah
|
10
|
Kriteria
Penilaian
Soal
Nomor 1 :
1.
Apabil Peserta didik menjawab satu dari tiga pokok berita
2.
Apabila hanya dua
yang benar
3.
Apabila Peserta didik menjawab lengkap dan benar
Soal
Nomor 2 :
1.
Apabila Peserta didik menjawab benar nilai 4
2.
Apabila Peserta didik menjawab kurang sempurna nilai 2
3. Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1
Soal
Nomor 3 :
1 Apabila Peserta didik dapat menyimpulkan
dengan benailai 3
2.Apabila Peserta didik
dapat menyimpulkan tetapi kurang sempurna nilai 2
3.Apabila
Peserta didik salah diberi nilai 1
Penghitungan nilaian Akhir : Perolehan
skor x 100
Skor Maksimum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar